Nature Beauty Care

Selasa, 01 Maret 2016

7 Penyebab Jerawat

Banyak sekali orang yang menderita karena jerawat, apalagi kaum wanita, sampai-sampai tidak mau keluar rumah karena malu dilihat orang lain.

Jerawat merupakan suatu penyakit akibat peradangan pori-pori pada wajah.  Peradangan ini dikarenakan terdapat kotoran yang menyumbat lubang-lubang kecil pada kulit yang disebut folikel bulu, sehingga menyebabkan timbulnya bakteri yang menyebabkan infeksi. Jerawat tentu saja sangat mengganggu penampilan seseorang, apalagi jika jerawat tersebut masih baru pasti akan terasa perih.

Di dalam jerawat, penyumbatan folikel bulu terjadi akibat bercampurnya sel kulit mati dan kotoran, dengan sebum yang jumlahnya melebihi kebutuhan rambut dan kulit. Jerawat yang tumbuh akan semakin parah akibat folikel-folikel bulu yang tersumbat kemudian terinfeksi oleh bakteri di kulit. Hal itulah yang mengakibatkan munculnya papula, pastula, nodul, bahkan kista.


Berikut merupakan penyebab timbulnya jerawat pada wajah :

1.       KosmetikJerawat yang terjadi karena kosmetik biasanya dialami oleh wanita. Karena banyak wanita kesehariannya menggunakan kosmetik untuk mempercantik penampilan. Pemakaian kosmetik yang berlebihan, tidak cocok dengan kulit kita dan kosmetik yang masuk ke dalam pori-pori dengan pembersihan yang kurang itu lah yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

2.       Kebersihan KulitKebersihan yang kurang dijaga dengan baik juga dapat menimbulkan jerawat. Dalam hal ini, biasanya laki-laki yang mengalaminya, karena kebanyakan tidak memperdulikan penampilan. Para wanita juga tidak jarang lupa untuk membersihkan wajahnya pada malam hari karena alasan lelah, sehingga langsung tidur dan kosmetik pada wajahpun tidak dibersihkan.

3.       MakananMakanan juga dapat menyebabkan jerawat. Makanan yang kurang sehat seperti mie instan, makanan yang digoreng serta berminyak jika dimakan dalam jumlah banyak dapat menyebabkan jerawat.

4.       NutrisiNutrisi sangatlah penting bagi wajah kita, nutrisi dapat kita dapatkan dari mengkonsumsi makanan serta minuman sehat, seperti buah, sayur-sayuran, air putih. Jika kita kekurangan nutrisi, wajah kita tidak hanya akan timbul jerawat, tetapi juga akan terlihat kusam dan kering.

5.       HormonHormon yang sedang mengalami perubahan dan tidak seimbang biasanya dialami oleh orang yang beranjak remaja, haid ataupun stress.

6.       Jenis Kulit
Orang-orang yang memiliki jenis kulit yang cenderung berminyak biasanya lebih sering timbul jerawat dibandingkan dengan jenis kulit lainnya. Jenis kulit berminyak biasanya memproduksi minyak yang berlebihan, dan jika malas membersihkan maka akan timbul jerawat dalam jumlah banyak.

7.       Gaya HidupOrang perokok aktif dan sering mengkonsumsi alcohol dapat merusak kulit dan mudah untuk ditumbuhi jerawat.

Itulah beberapa penyebab terjadinya jerawat, selain jerawat, beberapa jenis-jenis komedo juga dapat mengganggu penampilan anda, jadi mulailah hidup sehat… Semoga bermanfaat.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar