Nature Beauty Care

Selasa, 05 Januari 2016

Penyebab Rambut Rontok

Masalah yang sering kita jumpai pada rambut kita adalah kerontokan rambut. Banyak penyebab wanita dan juga pria yang mengalami kerontokan rambut.






Berikut beberapa penyebab terjadinya rambut rontok, diantaranya yaitu :

  • Perubahan Hormon
Pada pria, pola kerontokan dikenal juga di dalam istilah medis dengan ‘alopesia adrogenetik’, yang terjadi karena terlalu pekanya akar rambut terhadap salah satu jenis hormon testosterone yaitu dihidrotestosteron (DHT). Karena terlalu tingginya DHT menyebabkan rambut menjadi lebih tipis dan lebih cepat rontok. Pola kerontokan pada pria biasanya bertahap dari garis rambut yang bergeser naik lalu diikuti dengan penipisan rambut dibagian ubun-ubun dan samping kepala.


Pada wanita, pola kerontokan rambut biasanya hanya terjadi penipisan pada bagian atas kepala. Kerontokan pada wanita terjadi karena perubahan hormon, seperti saat terjadi menopause, masa kehamilan, dan penggunaan kontrasepsi hormonial.
  • Penyebab-penyebab Lain
Adapun penyebab lain terjadinya kerontokan rambut, seperti asupan gizi yang kurang, efek samping dari penggunaan obat-obatan, tekanan psikologis, pengaruh penyakit kulit, pengaruh kemotrapi dll.

Perlu kita ketahui ada 3 fase dalam pertumbuhan rambut, yaitu yang pertama fase pertumbuhan, fase istirahat dan fase kerontokan. Setelah fase kerontokan tersebut maka akan tumbuh rambut baru, karena kerontokan rambut hanya sampai umbi saja, sedangkan papil atau bibit rambut sudah menyiapkan rambut baru dibawahnya yang akan tumbuh menggantikan rambut yang rontok tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar